Selasa, 16 Juni 2020

Ngeblog dan Nerbitin Buku Ala Guru Brian




Kebetulan saya sudah suka ngeblog sejak 2009. Saya ngeblog di blogger.com, maka sharing saya ini pun seputar ngeblog di blogger.com, dan sedikit kisah menerbitkan buku. Saya tidak membahas tentang teknik menulis atau aturan menulis karena memang saya belum layak untuk porsi tersebut. Saya sendiri masih terus belajar tentang cara menulis yang baik dan menarik. Maka dari itu saya bergabung dengan grup belajar menulis Om Jay ini.


Berawal dari peserta saja, saya kemudian tergerak untuk membantu bapak/ibu peserta lain yang kesulitan dalam membuat/menggunakan blog. Kebetulan saya sudah hobi ngeblog sejak 2009, sehingga sedikit-sedikit saya bisa membantu orang lain (yang minta bantuan). 


Mengapa saya mau membantu ? 

Poin utamanya adalah Saya ingin punya banyak teman-teman guru blogger. Saya ingin bapak/ibu tidak merasa bahwa blog itu media yang sulit digunakan. Saya khawatir jika kesulitan yang dialami tak kunjung mendapat solusi, orang akan meninggalkan blog. 


“Sebelum bergabung dengan grup ini, selama ini saya merasa sendirian saja menjadi guru blogger. Saya bersyukur dipertemukan grup ini sehingga dapat berjumpa dengan guru-guru blogger luar biasa di seluruh Indonesia. Maka saya berharap grup ini nantinya tetap eksis.

Jadi dari tulisan itu, disimpulkan bahwa motivasi menjadi faktor penting untuk menjaga konsistensi ngeblog”.


Disebutkan motivasi ada dua yaitu dari hasil ngeblog dan target ngeblog. Sekarang ini banyak blogger yang terjebak pada motivasi yang berorientasi pada hasil, khususnya penghasilan dari iklan. Ini motivasi yang sebaiknya dihindari, karena jika tak kunjung dapat penghasilan, kita akan mudah meninggalkan blog. Memasang iklan boleh saja tapi jangan terlalu banyak berharap. 


Apalagi bagi blogger yang baru membuat blog, perlu menunggu minimal 6 bulan jika ingin mendaftarkan blognya ke google adsense, itu pun tidak dijamin pasti diterima. 

Jadi perlu saya luruskan, mari kita kembali pada tujuan awal bergabung dengan grup ini yaitu mengasah kemampuan menulis hingga menerbitkan buku. Blog digunakan sebagai media tempat kita menulis saja.


Ide Tulisan

Kurangnya Ide tulisan kerap menjadi penghambat aktivitas menulis kita, Terkadang  kita sudah berada di depan laptop dan siap menulis, tapi masih bingung mau menulis apa. Menurut saya, kita tidak perlu menunggu ide/kejadian hebat untuk bisa menulis. Saya memiliki prinsip, hal biasa yang kita lakukan/alami bisa jadi dianggap luar biasa bagi orang lain. Maka hal yang paling mudah ditulis adalah pengalaman/aktivitas sehari-hari di rumah atau di tempat kerja. Apalagi kita guru, tentu punya banyak cerita.



Saat ini saya memiliki dua buku solo. Pertama buku blog untuk guru yang sudah saya sebutkan tadi.  Kedua buku aksi literasi guru masa kini baru terbit bulan lalu. Buku kedua ini berisi kumpulan artikel yang berasal dari blog praszetyawan.com dan blog gurusiana. Saya pilih-pilih yang sesuai dengan tema buku yaitu literasi. Sebagian lainnya merupakan tulisan baru yang belum pernah diposting ke blog.


Dalam waktu dekat buku solo ketiga saya akan terbit. Berjudul “Menerjang Tantangan Menulis Setiap Hari” berisi tentang best practice, aktivitas di sekolah, dan opini pendidikan. Tulisan-tulisan itu saya buat ketika mengikuti program tantangan menulis setiap hari yang diadakan gurusiana.


Selain 3 buku solo, saya juga membuat 1 buku antologi cerita mini bersama siswa sekelas dengan tema hobi. Semua buku itu Masih saya terbitkan di penerbit indie. Maka dari itu saya masih belajar menulis agar suatu saat memiliki buku yang terbit di penerbit mayor.


12 komentar:

  1. Yo..kita jadi teman pak brian...

    BalasHapus
  2. Semangat pak...

    Mampir juga yuuk di blog saya 😊🙏

    BalasHapus
  3. Blog adalah media yang tidak sulit digunakan

    BalasHapus
  4. Bagus resumenya pak, semangat.
    Silaka ke https://aniksudarwati22.blogspot.com/2020/06/resume-ke-7-belajar-menulis-bersama-pak.html

    BalasHapus
  5. Semangat ya dan jaga konsistensi dalam menukis serta upadte teeus blognya walaupun tdk ada tugas resume dari omjay

    BalasHapus
  6. Wah gambarnya bagus hehe. Mantap resumenya. Maaf saya baru sempat berkunjung. Semoga tetap semangat ngeblog !

    BalasHapus

Guru Bidin (1911-1978) Pegawai Negeri Pertama dari Kampung Peradong

  Guru Bidin atau guru Pidin adalah guru pertama di sekolah rakyat (SR) kampung Peradong. Nama lengkap beliau adalah Idin bin Sja'ban la...