Kamis, 25 Juni 2020

Bingung Dengan Pak Dedi Dwitagama




Jujur saya agak kerepotan untuk membuat resume materi yang diberikan oleh narasumber. Habisnya materi yang disampaikan tersebut susah mencari untuk disimpulkan. Jadi kita tahu kan bahwa resume itu adalah meringkas atau menyimpulkan sesuatu yang penting. Nah untuk materi ini saya kebingungan untuk memilah mana hal-hal yang tidak penting dari materi tersebut. Kalau mau diresume keseluruhan, wah bakalan panjang nih tulisannya.


Materi yang akan saya resume kali ini adalah materi yang disampaikan oleh Bapak Dedi Dwitagama dengan tema "mendokumentasikan kegiatan melalui blog". Ia adalah seorang guru yang dengan sejuta prestasi. Dia juga guru yang bisa berkeliling keliling dunia. Wah Jadi kepengen juga nih.


Dari awal hingga akhir Ia menyampaikan materi, semuanya menurut saya itu adalah suatu hal yang penting. Hingga, akhirnya saya jadi kebingungan sendiri untuk membuat resume materi ini. Tetapi apa boleh buat, saya tetap harus membuat resume tersebut. Ok guys, langsung aja nih ke resume saya. Cekidot...


Manfaat Blog

Sebagaimana penuturan dari Pak Dedi, manfaat blog yang utama adalah untuk mendokumentasikan kegiatan, perjalanan, ide-ide, keresahan, atau apa saja yang  disampaikan secara lisan pada rapat-rapat di sekolah dan atau yang tak bisa disampaikan pada siapapun. Bisa berupa seperti keranjang atau catatan harian (diary) yang titip di dunia maya.


Kiat/Tips

Menulislah kapan saja saat ide muncul, bisa saat menunggu anak di lokasi parkir sekolahnya, sambil denger musik di mobil, dan lain sebagainya. Menulis dengan alat yang paling mudah dan simpel,  menulis dengan menggunakan handphone (HP).


Usahakan untuk  sering menulis, karena pengalaman menulis kita secara otomatis akan meningkatkan mutu tulisan, plus sering-sering berkunjung ke blog teman sebagai  pembanding untuk tulisan kita.


Supaya  blog kita banyak pegunjungnya, maka kita juga harus megunjungi blog orang lain, memberi komentar dan membalas komentar di blog kita. Atau bahasa lainnya  saling berkontribusi.


Jika tulisan kita ingin lebih luas dibaca, maka menulislah di Kompasiana, karena  pembacanya adalah orang-orang pintar  yang suka baca, orang Indonesia yang tinggal di dalam dan luar negeri, jadi tulisan kita itu bisa jadi alat ukur yang dahsyat.


Simpulan 

Diakhir materi, beliau menyampaikan sebuah kesimpulan. "Manusia yg baik adalah manusia yang bermanfaat buat orang lain, sepeti peribahasa gajah mati meninggalkan gading, kalau manusi…..dst. Kedua point itu bisa diaplikasikan lewat media Blog yang sekarang  bisa kita kelola menggunakan HP. Apalagi kemudian bisa membuat kita dikenal orang dan diundang kesana-kemari, dan dibayar pula. Menulis di blog, mendokumentasikan apa saja yang terlintas. Nikmati hasilnya kemudian".


Parittiga, 25 Juni 2020

13:27  WIB 

Suryan Masrin 

20 komentar:

  1. Saya juga bingung meresumenya. Jadinya ya ala ala deh resumenya.
    Walau bingung tetap keren pak. Mantul.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kalo mau ditulis smua kepanjangan, habis menarik semue tu materi, saking menariknya gk berenti2 yg tanya

      Hapus
  2. Kan masih latihan , awalnya kita sulit gpp nanti lama 2 jadi legend tul gak ( Bu Sri )

    BalasHapus
  3. Ga..usah bingung to...pak...buktinya bisa dan selesai juga meresum nya....
    Mampir juga ya pak... Aisah1969.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah akhirnya,kelar juga, wait bu,ntar tak mampir, sekalian kalo bisa kerumah sekalian, hehe gurau bu, nih masih bales komentar dulu

      Hapus
  4. Orang pandai aja bilange bingung....apalagi yg gaptek ala saya Pak...
    Tulisannya bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Widih si ibu, mujinya pakai kebangetan, padahal ibu lebih jago,semangat bu

      Hapus
  5. Bingung byk yg nanya ya hahahahha

    BalasHapus
  6. Ternyata bukan hanya saya yang bingung ya pak...🙏🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wajar bu kalo kita bingung, kan semuanya menarik

      Hapus
  7. wah, saya akhirnya menemukan pak pak suryan...he he

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksih bu, jgn lupa di follow ya blog saya, hehe

      Hapus

Guru Bidin (1911-1978) Pegawai Negeri Pertama dari Kampung Peradong

  Guru Bidin atau guru Pidin adalah guru pertama di sekolah rakyat (SR) kampung Peradong. Nama lengkap beliau adalah Idin bin Sja'ban la...