Sabtu, 04 Juli 2020

5 Manfaat Menulis Ala Om Jay






"Menulislah setiap hari & rasakan apa yang terjadi", demikianlah motto yang terpampang di setiap laman beranda blog dan website bapak Wijaya Kusumah yang lebih dikenal dengan nama Om Jay. Beliau adalah seorang guru, guru yang memiliki banyak sampingannya dan segudang pengalaman.


Menulis itu memberikan banyak sekali manfaat. Berikut 5 manfaat menulis ala Om Jay, seorang blogger, youtuber, dan guru kita semua, yang mengatakan bahwa menulis setiap hari itu telah memberikan keajaiban dalam kehidupan. Tulisan ini diambil dari materi yang disampaikan oleh Bapak Dr. Ngainun Naim dalam kegiatan Belajar Menulis bersama Om Jay dan PGRI secara daring via whatapps grup. Coba kita simak apa saja bentuk keajaiban yang beliau rasakan karena menulis.


  1. Mendapatkan banyak materi. Karena rajin menulis, menerbitkan buku dan bukunya mendapatkan banyak royaliti. Ini adalah salah satu manfaat terbesar yang dirasakan buah dari komitmen yang telah tertanam dalam jiwa.

  2. Sering diundang sebagai pembicara di berbagai forum. Yah, ini juga menjadi buah dari perjuangan panjang yang telah dilakukan. Bonus yang di dapat dari sebuah kegigihan. Soal nominal, itu urusan belakangan, ang terpenting kebahagiaan sudah didapatkan.

  3. Memiliki banyak teman. Tentu dengan cara sering bersilaturahim, mengunjungi blog orang lain, meninggalkan jejak dan lain sebagainya. Semakin sering berkunjung ke blog orang lain, maka semakin banyak pula teman yang di dapat (di dunia blog dan dunia nyata).

  4. Bisa membeli peralatan yang dibutuhkan dalam kehidupan. Ini juga sebagai hadiah dari hasil jerih payah. Royalti bagi sebuah kegigihan memberikan kemudahan.

  5. Tulisan adalah alat perekam kehidupan yang ajaib. Dengan tulisan kita akan dikenang. Sebagai dokumentasi rekam jejak kehidupan. Semakin baik yang Kita bagikan maka semakin baik pula rekam jejak kita.


Lima manfaat menulis ala Om Jay ini sudah diperkaya dengan gagasan dan pengetahuan penulis.

Beberapa blog Om Jay: http://wijayalabs.blogspot.com, http://wijayalabs.wordpress.com, dan http://kompasiana.com/wijayalabs. Semoga bermanfaat. 


Mentok, 4 Juli 2020

Suryan Masrin 

18 komentar:

  1. Yap...Om Jay emang guru yang hebat

    BalasHapus
  2. Keren..sudah bisa menulis setiap hari.....

    BalasHapus
  3. Banyak berkunjung banyak ilmu. Kerenn resumenya .Kunjung balik ya ke https://nurainiahwan.blogspot.com. terima kasih

    BalasHapus
  4. Mantab resumenya...sukses sllu pak

    BalasHapus
  5. kalau kita bisa seperti omjay, yang 5 manfaat kita bisa juga peroleh .... mantap resumenya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya betul sekali, kita juga lagi mengarah ke sana, semangat Blogger...

      Hapus
  6. Keren pak resumnya lengkap..salam literasi

    BalasHapus

Guru Bidin (1911-1978) Pegawai Negeri Pertama dari Kampung Peradong

  Guru Bidin atau guru Pidin adalah guru pertama di sekolah rakyat (SR) kampung Peradong. Nama lengkap beliau adalah Idin bin Sja'ban la...