Senin, 22 Juni 2020

Kenali Dirimu, Lalu Menulislah




Hai sahabat semua, kali ini saya akan membuat resume materi yang disampaikan oleh bapak Agus Sampurno. Materi yang beliau sampaikan pada pertemuan hari Senin tanggal 22 Juni 2020 adalah tentang "personal branding dan blog", disampaikan dalam kegiatan grup belajar menulis bersama Om Jay dan PGRI.


Oke semuanya langsung aja, saya akan membuat sebuah resume dari materi yang disampaikan tersebut. 


Pertama kali yang harus kita perhatikan adalah kenali dulu diri kita, nah kalau kita sudah mengenali diri kita, maka barulah kita memulai untuk menulis. Dengan demikian kita akan mudah menulis sesuatu karena kita sudah mengenali diri kita sendiri. Arah atau fashion kita akan membawa kita berselancar dalam dunia tulisan kita. Tangan kita akan berlenggak-lenggok dengan gemulai menggoreskan tinta emas untuk sebuah karya.


Nah, dengan demikian kita akan merasa nyaman dengan menulis tanpa ada beban sedikitpun.


Kembali lagi ke materi yang disampaikan, bahwa selain dari mengenali diri kita sendiri, agar tulisan kita menjadi sesuatu yang memiliki daya tarik untuk dibaca orang lain, maka ada beberapa hal hal-hal yang harus kita perhatikan, diantaranya:


  1. Aspek judul mesti diutamakan dalam menulis. Judul juga bisa membuat anda punya personal branding dan percaya diri. Judul membuat akan orang tertarik sekaligus penasaran.

  2. Mesti ngotot belajar hal-hal yang kita sukai. 

  3. Tidak perlu ahli, yang penting tulis aja sesuai dengan fashion.

  4. Membangun personal branding, memperkenalkan diri dari aspek yang dikenal karena hal yang menjadi fokus.


"Bagilah hasil belajar anda dengan pembaca lewat tulisan anda di blog. Gunakanlah kata-kata; resep, mafaat dan baru. Ingatlah ! Mengapa saya menggunakan kata kata tersebut, karena secara manusiawi anda akan tertarik dengan kata-kata itu. Dengan demikian tulisan kita nyata manfaatnya walaupun singkat."

Agus Sampurno 



Parittiga, 22 Juni 2020

22:42 WIB 

Suryan Masrin 


3 komentar:

  1. Terimakasih nasihat nya, Pak... semoga menambah bekal banyak orang untuk terus optimis berbagi pengalaman dalam menulis

    BalasHapus

Guru Bidin (1911-1978) Pegawai Negeri Pertama dari Kampung Peradong

  Guru Bidin atau guru Pidin adalah guru pertama di sekolah rakyat (SR) kampung Peradong. Nama lengkap beliau adalah Idin bin Sja'ban la...