Senin, 22 Juni 2020

3 Manfaat Dari Kegiatan Grup Belajar Menulis



Menulis adalah salah satu satu hal yang tak pernah lepas dari seseorang selama ia masih hidup. Selama seseorang pernah mengenyam pendidikan atau sekolah, baik sekolah formal ataupun nonformal pasti mereka bersentuhan dengan yang namanya menulis. Hanya saja seberapa pentingkah bagi mereka menulis tersebut dan apakah bentuk dari apa yang ditulisnya. Serta sejauh mana ketertarikan dia dengan tulis-menulis tersebut.

Berikut ini saya akan memberikan tiga hal manfaat dari kegiatan grup belajar menulis bersama  Om Jay yang saat ini saya ikut, sebagai bentuk tugas tantangan yang diberikan oleh Bapak Agus Sampurno. Tiga manfaat tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Dengan mengikuti kegiatan grup belajar menulis ini saya bisa menemukan teman-teman baru dari seluruh pelosok nusantara dari Sabang sampai Merauke, tak mengenal suku, budaya dan ras. Bisa saling berbagi dan saling memotivasi sesama peserta kegiatan belajar menulis tersebut. Saling mengunjungi tulisan antara satu sama dengan yang lainnya atau bahasa lainnya bersilaturahim kepada blog peserta kegiatan menulis yang lainnya. Saling berkomentar atau menyapa di dalam tulisan tersebut.

  1. Wawasan pengetahuan tentang dunia kepenulisan baik dari materi yang diberikan oleh narasumber secara langsung maupun melalui literasi yang ditugaskan oleh narasumber tersebut. Salah satunya dengan cara meresume setiap materi yang disampaikan oleh narasumber.

  1. Semakin sering kita menulis maka akan semakin terbiasa kita dalam hal dunia kepenulisan tersebut. Tangan kita tidak kaku lagi untuk menuliskan sesuatu, baik itu mengenai pengalaman pribadi ataupun cerita yang kita hayal yang kemudian kita tuangkan dalam bentuk tulisan kita.

Demikianlah  tiga hal manfaat dari mengikuti kegiatan grup belajar menulis berdasarkan pendapat saya. Semoga ini menjadi suatu hal yang bermanfaat.

Parittiga, 22 Juni 2020
20:37 WIB
Suryan

11 komentar:

Guru Bidin (1911-1978) Pegawai Negeri Pertama dari Kampung Peradong

  Guru Bidin atau guru Pidin adalah guru pertama di sekolah rakyat (SR) kampung Peradong. Nama lengkap beliau adalah Idin bin Sja'ban la...