Kamis, 18 Juni 2020

Nilai Dari Sebuah Tekad; Kisah Cikgu Tere



Rabu kemarin (17/06/2020), saya duduk santai menyimak materi yang disampaikan oleh narasumber kegiatan Belajar Menulis Gelombang 12, oleh PGRI dan dimotori oleh Om Jay (Wijaya Kusumah). Sembari selesai materi disampaikan, sesekali menikmati makanan ringan, yang kebetulan hujan lagi turun di tempat saya (Mentok - Bangka Barat).


Materi kali ini disampaikan oleh Ibu Tere atau di dunia blog dikenal dengan cikgu Tere. Ia adalah seorang guru yang juga sebelumnya menjadi peserta kegiatan yang sama digelombang ke 4. Namun karena kepiwaiannya memainkan tekad membuat resume dari setiap materi, akhirnya ia bisa menjadi guru yang terpilih 10 besar dalam menyelesaikan tantangan membuat resume. 


Dan pada akhirnya, karena tekad dan kemauan telah tertanam dalam jiwa, kini ia dipercaya oleh Om Jay untuk menjadi salah satu narasumber dalam kegiatan yang sama pada gelombang selanjutnya (gelombang 12).


Pengalaman Membuat Resume


Awal kisah dan pengalaman dalam  membuat resume, dimulai pada bulan Februari. Waktu itu ia melihat salah satu postingan teman di FB tentang resume dari kegiatan belajar menulis bersama Om Jay pada gelombang sebelumnya. Saat itu ia belum kenal dgn Om Jay dan juga kegiatan belajar menulis atau yang sering disebut dengan kuliah online WAG. 


Ia kemudian memberanikan diri untuk  bertanya pada Om Jay tentang cara untuk  bisa ikut kegiatan belajar menulis. Akhirnya ia-pun digabungkan dalam grup Belajar Menulis Gelombang 4. Tidak lama setelah bergabung dalam grup, ada info bahwa nanti  malam akan ada materi pertama tentang personal branding. 


Kemudian Om Jay mendata semua peserta grup Belajar Menulis Gelombang 4 yang telah memiliki blog, tujuannya adalah agar setelah menerima materi dari narasumber, peserta membuat resume lalu dikirimkan ke email Om Jay dan diposting di blog masing - masing. 


Awal menulis resume,sia mencoba mengimitasi gaya menulis resume dari bebrapa orang, namun ia merasa kaku dan ide - ide tidak bisa mengalirdengan  lancar. Setelah materi berjalan beberapa kali, dan sesuai anjuran Om Jay untuk  melakukan blog walking, akhirnya ia mulai menemukan style sendiri dalam menulis resume. 


Hal yg menjadi kebanggaan sebagai blogger pemula adalah ketika resume yang dibuat lalu kemudian diposting di blog, dibaca oleh orang lain bahkan diberikan komentar. 


Setelah pengalaman itu, akhirnya motivasi menulis pun bertambah dengan motivasi untuk  berprestasi. Dari beberapa resume yang dibuat, ada yang mendapat hadiah atau penghargaan yaitu : 

1. Resume tercepat : https://www.cikgutere.com/2020/03/gas-gere-berani-menulis-berani.html?m=1

2. Resume terbaik : http://www.cikgutere.com/2020/04/strategi-pemasaran-buku-yang-efektif.html

3. Tulisan terbaik dan inspiratif : https://www.cikgutere.com/2020/05/belajarlah-menulis-dari-kartini-dan-ukirlah-sejarah-karyamu.html?m=1


Dan terakhir, sy mendpt penghargaan sebagai blogger inspiratif dr Ikatan Guru TIK dan Penerbit Andi Yogyakarta. 


Tips menulis resume ala Cikgu Tere 

1. Menulis resume sesegera mungkin, selagi topik itu hangat. Tujuannya agar tidak semakin banyak uraian yg terlewat. 

2. Menulis resume sesuai dgn gaya menulis kita sendiri. Just be your self. 

3. Tangkap point penting materi dari narasumber, modifikasi dengan kalimat sendiri (jangan asal copas materi dari chat) 

4. Gunakan pengantar yang  menarik sebelum masuk di isi resume (bisa menghubungkan dengan kehidupan pribadi dan lain-lain) 

6. Tulislah resume dgn sepenuh hati. Bukan karena sekedar ingin mengerjakan tugas dari Om Jay. Ketika kita sdh menulis resume dgn sepenuh hati, maka pasti kita akan melakukan effort yang lebih dari orang lain / blogger yang lain. 

- Menentukan judul resume yg wow 

- Mencari referensi terkait topik 

- Merancang "pasar" resume kita dan melakukan strategi promosi

- Merancang tampilan / visual resume dgn menambahkan gambar atau video di resume kita. 

-Melakukan editing sederhana (PUEBI)

7. Cari informasi terkait narasumber yang  akan kita tulis materinya melalui resume. Semakin kita lengkap dalam memberikan gambaran narasumber, maka point kita akan menjadi lebih baik daripada peresume yang lain.

8. Gunakan aplikasi atau alat - alat lain yang mendukung kita dalalm menulis resume, misalnya jika ada narasumber yang memberikan materi melalui youtube, maka putar videonya di hp, sambil ketik resumenya. Atau jika ada narasumber yang menyampaikan materi melalui voice note, gunakan aplikasi voice to text utk mengubahnya menjadi text. 

9. Lakukan blog walking untuk  mencari informasi yang mungkin terlewat serta mencari inspirasi menulis.


7 komentar:

  1. Wuiiiiih potonya bs nyatu ya hebaaaat bu....

    BalasHapus
  2. Hal yg menjadi kebanggaan sebagai blogger pemula adalah ketika resume yang dibuat lalu kemudian diposting di blog, dibaca oleh orang lain bahkan diberikan komentar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. akhirnya, disamperin juga ama Om Jay, hehe, makasih om dah mampir ke blog ane

      Hapus

Guru Bidin (1911-1978) Pegawai Negeri Pertama dari Kampung Peradong

  Guru Bidin atau guru Pidin adalah guru pertama di sekolah rakyat (SR) kampung Peradong. Nama lengkap beliau adalah Idin bin Sja'ban la...